Terjadinya Korosi

Terjadinya Korosi

Korosi adalah kerusakan atau degradasi logam akibat reaksi redoks antara suatu logam dengan berbagai zat di lingkungannya yang menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak dikehendaki. Dalam bahasa sehari-hari, korosi disebut perkaratan.

Contoh peristiwa korosi antara lain karat pada besi, pudarnya warna mengkilap pada perak, dan munculnya warna kehijauan pada tembaga. Reaksi kimia yang terjadi termasuk proses elektrokimia di mana terjadi reaksi oksidasi logam membentuk senyawa-senyawa oksida logam ataupun sulfida logam.

Penyebab terjadinya korosi pada besi

ada beberapa penyebab terjadinya korosi seperti :

1. Kelembaban Udara

Dalam kondisi kelembaban yang lebih tinggi, besi akan lebih cepat berkarat. Selain itu, dalam air yang kadar oksigen terlarutnya lebih tinggi, perkaratan juga akan lebih cepat.

2. Suhu

Semakin  tinggi suhu, semakin cepat korosi terjadi. Hal ini sebagaimana laju reaksi kimia meningkat seiring bertambahnya suhu.

3. Keberadaan Elektrolit

Keberadaan elektrolit seperti garam NaCl pada medium korosi akan mempercepat terjadinya korosi, sebagaimana ion-ion elektrolit membantu menghantarkan elektron-elektron bebas yang terlepas dari reaksi oksidasi di daerah anode kepada reaksi reduksi pada daerah katode.

Cara Penjegahan atau menghilangkan korosi

Ada beberapa cara untuk menjegah atau menghilangkan korosi pada besi dan logam, dan berikut adalah penjelasannya :

1. Menggurangi kelembaban udara

Salah satu penyebab terjadinya korosi atau karat dikarnakan kelembaban udara yang tinggi, sebagai contoh untuk mengurangi kelembaban udara dan kadar oksigen di suatu ruangan tertutup biasanya kita pasangkan AC agar suhu dan kelembaban berkurang dan kita pasang alat penghisab kelembaban.

2. Pemilihan besi aloi

Pemilhan besi aloi merupakan bagian dari modifikasi bahan dasar besi dengan pemilihan jenis aloi yaitu terdapat bahan kromium untuk mencegah karat

3. Pengecatan

produk yang digunakan untuk melindungi dan memperindah (protective and decorative) suatu objek atau permukaan dengan melapisinya menggunakan suatu lapisan berpigmen maupun tidak berwarna (pernis clear). Cat dapat digunakan pada hampir semua jenis objek

4. Cairan inhibitor

inhibitor korosi adalah suatu zat kimia yang bila ditambahkan kedalam suatu lingkungan, dapat menurunkan laju penyerangan korosi lingkungan itu terhadap suatu logam. Dengan menggunakan KIND Rust Remover, tidak hanya menghilangkan karat namun juga dapt membuat besi atau logam tahan terhadap karat dalam jangka waktu yang lama.

5. Pemberian gemuk atau oli

pemberian gemuk merupakan solusi yang digunakkan untuk benda benda yang memiliki gaya gesekan yang terus menerus sehingga lapisan jenis apapun dalam waktu yang lama akan terkelupas, cara ini dilakukan dengan terus menerus karena oli atau gemuk akan mengering dan menguap serta hilang akibat gesekan tersebut.

Leave a Reply